Antara Body kit Bahan Plastik ABS dan Bahan Fiberglass, Lebih Bagus Mana?

 Si Jagur

Dalam dunia motor mofikasi, tentu lumrah mengubah body kit motor sehingga terlihat lebih minimalis, lebih trendy atau lebih sporty. Ada yang memodifikasi hanya bagian tertentu saja seperti mengganti underbone, mengganti atau menambah aksesoris, menambah full fairing atau half fairing, dsb. Atau ada juga yang mengganti kerangka motor sehingga menjadi motor yang benar-benar berbeda. Pada modifikasi jenis ini, organ yang digunakan dari motor sebelumnya hanyalah mesinnya saja.

Ada dua macam bahan body kit motor yang sudah terkenal di kalangan para pecinta modifikasi motor. Yakni bahan plastik ABS dan bahan fiber. Keduanya dapat Anda pilih dengan mempertimbangkan faktor kelebihan dan kekurangannya.

  1. Body kit bahan plastik ABS (Anti Break System)

Body kit dengan bahan plastik ABS biasanya sering digunakan pada body kit original pada motor standar keluaran pabrik. hal ini dikarenakan plastik ABS memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak ada pada bahan yang lainnya. Bahan plastik ABS lebih tahan terhadap hantaman kerikil dan lebih lentur sehingga tidak mudah pecah. Bobotnya juga lebih ringan dibanding body kit dengan bahan fiber glass.

Body kit bahan plastik ABS keluaran pabrikan tentu menggunakan alat canggih dalam pembuatannya sehingga bentuknya lebih presisi. Namun jika Anda membeli di aftermarket, beberapa diantaranya masih kurang mirip dengan aslinya. Selain itu, cat yang menempel di bahan ini lebih tahan lama. Namun biasanya cat yang yang digunakan untuk plastik memiliki warna yang kurang cerah.

Kelebihan yang ada pada bahan plastik ABS ini, tetap bergantung pada kualitasnya. Jika versi pabrikan tentu memakai kualitas yang baik. Jika Anda membeli di aftermarket maka akan banyak pilihan kualitas dengan pilihan harga pula.

  1. Body kit bahan fiberglass

Bahan fiberglass paling sering ditemukan dalam bahan modifikasi motor. Memiliki kualitas yang beragam sehingga memudahkan Anda untuk memilih kualitas mana yang sesuai dengan budget. Body kit yang terbuat dari bahan fiberglass memiliki bentuk yang lebih tepat sesuai dengan yang Anda inginkan namun untuk pembentukan sudut-sudutnya lebih sulit. Karena terkendala dari alat yang digunakan.

Warna cat fiberglass lebih cerah sehingga Anda bisa memadupadankan berbagai warna dengan lebih mudah. Namun pengecatan pada body kit fiberglass harus dengan keahlian khusus agar terlihat kinclong. Kualitas cat yang digunakan juga harus baik agar cat lebih tahan lama.

Apapun pilihan bahan yang Anda pilih, usahakan untuk selalu mengetahui kualitasnya. Agar tak tertipu oleh harga yang melambung namun kualitas tak sesuai. Pilih aftermarket yang sudah direkomendasikan banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *